FORMAT BARU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2018

Tepat pada hari Senin, tanggal 22 Januari 2018 Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada (STAIMS) Yogyakarta melakukan penyerahan mahasiswa PPL di tiga tempat sekaligus. PPL kali ini ditempatkan di tiga daerah yaitu Kabupaten Bantul di MA Hamalatul Qur’an, Kota Yogyakarta di MA Muhammadiyah, dan Kabupaten Sleman di MAN 2 Sleman. Pembagian ini memiliki tujuan agar para mahasiswa mendapatkan pengalaman yang beragam untuk kemudian dapat dikembangakan pada Fokus Group Diskussion.

Pada MA Hamalatul Qur’an terdapat 6 mahasiswa dengan dosen pendamping lapangan Bapak Muhamad Fathoni, S.Pd.I, M.Pd.I. Mahasiswa diterima secara langsung oleh Kepala Sekolah yang didampingi oleh guru mata pelajaran. Menurut Bapak Fathoni, materi pelajaran yang diberikan pada MA Hamalatul Qur’an berorientasi pada pendidikan pesantren, sehingga buku rujukan yang digunakan adalah buku-buku yang banyak digunakan pada pendidikan Pesantren.  Masih menurut beliau, hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang melakukan praktek pembelajaran di MA Hamalatul Qur’an.

Ibu Dessy Aniqotsunainy, S.Sos.I, S.Pd.I, M.Pd dan Ibu Rubini, S.Pd.I, M.Pd.I keduanya menjadi dosen pembimbing lapangan pada MA Muhamadiyah Yogyakarta. Pada saat penyerahan, diterima di ruang tamu MA Muhammadiyah Yoyakarta oleh Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan beberapa guru mata pelajaran PAI. Pihak sekolah menyatakan menerima dengan baik atas kedatangan mahasiswa STAIMS tersebut. Ibu Dessy menyatakan bahwa dengan mengikuti program PPL di MA Muhammadiyah Yogakarta, maka para mahasiswa akan dapat memiliki ilmu yang secara empiris tidak dapat dipelajari di Kampus. Mulai tanggal 23 Januari 2018, secara resmi sebanyak 11 mahasiswa melakukan praktek pembelajaran di MA ini.

MAN 2 Sleman, merupakan tempat ke tiga yang digunakan untuk PPL pada tahun akademik 2017/2018. Rombongan STAIMS diterima di ruang Lab Komputer dan diterima oleh Kepala Madrasah Bapak Drs. Aris Fuad, Waka Kurikulum Ibu Dra. Siti Mauminah dan Tim Guru PAI.  MAN 2 Sleman baru pertama kali digunakan sebagai tempat PPL dari STAIMS Yogyakarta. Selain penyerahan mahasiswa PPL, pada saat yang sama STAIMS juga melakukan penandatangan MOu antara STAIMS Yogyakarta dengan MAN 2 Sleman. Penandatangan MOu dilakukan secara langsung oleh Ibu Sutinah, M.Pd selaku Ketua STAIMS Yogyakarta dan Bapak Drs Aris Fuad selaku Kepala MAN 2 Sleman. Pada sambutannya Ibu Sutinah menyatakan bahwa MOu merupakan perjanjian kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak yakni STAIMS Yogyakarta maupun MAN 2 Sleman, sedangkan Bapak Fuad menegaskan bahwa MOu bermanfaat untuk menjaga kerjasama pada hal-hal yang bermanfaat. Ke depannya dapat dikembangkan dalam bentuk-bentuk yang lebih luas lagi.

Setelah penandatangan MOu dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa PPL. Di MAN 2 Sleman, mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok I, dosen pembimbing lapangan Bapak Alam Budi Kusuma, S.Pd.I, M.Pd.I dan kelompok II, dosen pebimbing lapangan Bapak Suparman, S.Pd, M.Si. Pada sambutannya Bapak Suparman menjelaskan bahwa secara konsep mahasiswa sudah dibekali berbagai keahlian materi belajar maupun materi pembelajaran. Kegiatan praktek pengalaman lapangan merupakan cara untuk merealisasikan ilmu yang telah dipelajari di Kampus untuk diterapkan di Sekolah. Di akhir sambutanya Bapak Suparman memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala MAN 2 Sleman, Waka Kurikulum dan guru pendamping yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir dan menerima mahasiswa PPL dari STAIMS.#spm#

error: Konten memiliki Hak Cipta
X